Tips Mengatasi Anak Mencret Akibat Diare

0
126
anak mencret
anak mencret

Ada banyak sekali penyebab diare pada anak-anak. Anak mencret adalah salah satu kondisi yang cukup sering terjadi. Bunda sebenarnya bisa mengatasinya sendiri dengan cara yang mudah, dan tentunya sesuai dengan rekomendasi dokter.

Nah, di sini, kami akan mencoba menjelaskan bagaimana tips mengatasinya. Jadi, simak artikel ini hingga selesai, ya.

Penyebab Diare Pada Anak-Anak

Banya sekali penyebab yang dapat mengakibatkan diare. Beberapa di antaranya seperti makanan yang terkontaminasi virus, parasit, dan kuman. Selain itu, bisa juga akibat salah memilih produk susu yang cocok untuk anak-anak.

anak mencret
anak mencret

Kebiasaan-kebiasaan juga bisa menjadi penyebab diare. Misalnya seperti kebiasaan tidak mencuci tangan, kontak dengan benda yang kotor, dan masih banyak kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Tips Mengatasi Diare

Bunda bisa mengatasi diare pada anak sesuai dengan rekomendasi medis sendiri di rumah. Berikut cara-caranya.

  1. Memperhatikan Asupan Cair

Diare atau mencret akan mengakibatkan dehidrasi pada anak-anak. Salah satu kunci untuk mengatasinya adalah dengan penanganan diare yang sesuai dengan kondisi si kecil. Maka dari itu, perhatikanlah asupan cairan si kecil agar tidak dehidrasi.

Bunda juga bisa menyusui si kecil secara rutin untuk mengatasi dehidrasi pada anak-anak. Selain itu, susu juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus bagi si kecil yang mengalami kekurangan cairan maupun nutrisi.

Untuk anak-anak, berikan juga cairan rehidrasi oral, seperti oralit. Selain itu, beri juga si kecil air putih tanpa gula.

  1. Memberi Makanan Sehat

Selain minuman, pastikan juga si kecil diberi berbagai makanan yang sehat. Cara ini sangat penting dan bagus untuk antisipasi malnutrisi pada anak-anak. Namun, jangan sembarangan dalam memberi makanan. Pastikan Anda memberi makanan yang cocok dan tidak dapat menyebabkan diare si kecil semakin parah.

Pilih makanan yang mudah dicerna. Misalnya seperti nasi putih, pisang, rebusan daging, rebusan ikan, dan lainnya. Hindari makanan-makanan yang terlalu banyak lemak, pedas, dan juga makanan yang mengandung banyak gula.

Di atas merupakan cara-cara dan penyebab anak mencret yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jika kondisi masih terus berlanjut, bunda harus membawanya ke dokter terdekat. Jangan lupa juga memilih produk susu yang tepat, seperti lactogrow.