8 Ide Seserahan Lamaran yang Praktis dan Berkesan

0
16
Seserahan Lamaran
Seserahan Lamaran

Seserahan merupakan acara yang penuh dengan nilai sakral. Makna dari seserahan tidak hanya sekedar memberikan hadiah kepada pasangan. Seserahan lamaran melambangkan kesanggupan mempelai laki-laki dalam memenuhi kebutuhan mempelai wanita yang akan dipinangnya kelak. Seserahan lamaran juga berarti sebagai pengikat hubungan antara dua calon pengantin, hingga waktunya melanjutkan ke tahap pernikahan. Seserahan lamaran di Indonesia sangat beragam tradisinya, namun umumnya mempelai pria yang memberikan seserahan. Di Beberapa budaya mempelai wanita terlebih dahulu yang memberikan seserahan. 

Seserahan lamaran biasanya berisi kebutuhan dan perlengkapan yang digunakan mempelai wanita. Isinya bisa bermacam-macam dan bisa disesuaikan dengan selera pengantin. Umumnya seserahan berisi seperangkat peralatan ibadah, pakaian, dan perhiasan. Namun banyak ide isi seserahan lain yang praktis dan tetap bermanfaat. Simak beberapa ide isi seserahan lamaran berikut.

Seserahan Lamaran
Seserahan Lamaran
  1. Peralatan Ibadah

Peralatan ibadah biasanya dijadikan pilihan untuk isi seserahan, fungsinya agar kedua mempelai tetap dapat beribadah ketika sudah berumah tangga. Harga peralatan ibadah sangat terjangkau dan manfaatnya sangat dalam.

  1. Set Perhiasan

Seserahan yang berisi perhiasan melambangkan agar mempelai wanita selalu bersinar walau sudah berumah tangga. Isi set perhiasan bisa bervariasi, mulai dari cincin, gelang, kalung, atau anting. Perhiasan yang umum sebagai seserahan adalah cincin karena melambangkan dua orang yang terikat dalam satu hubungan. Perhiasan Pun dapat berupa batu mulia seperti berlian atau emas.

  1. Pakaian

Untuk pakaian anda dapat memilih pakaian yang casual namun tetap stylish. Beberapa adat mengganti pakaian dengan pakaian adat atau kain adat. Isi setelan pakaian dapat diisi dengan pakaian baru kedua mempelai. Anda dapat menyesuaikannya dengan jenis pakaian favorit pasangan. Isinya bisa berupa baju, celana, sepatu, atau jaket.

  1. Makeup atau Skincare

Makeup dan skincare belakangan ini mulai digunakan juga sebagai isi seserahan lamaran. Tidak hanya wanita, skincare juga bisa berisi skincare pria. Fungsi makeup dan skincare agar wanita tetap menjaga kecantikannya dan terlihat cantik di depan suami, dan agar suami tetap memenuhi kebutuhan kecantikan sang istri.

  1. Sepatu

Kamu bisa memilih antara sepatu, sandal, high heels, atau sepatu olahraga sebagai isi seserahan. Sepatu melambangkan agar kedua pasangan dapat melangkah bersama selamanya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan merek favorit mempelai. 

  1. Tas

Wanita pasti sangat senang jika diberikan tas, biasanya tas diberikan bersama pakaian atau sepatu. Namun anda dapat memberikannya secara terpisah. Tas merupakan pilihan praktis karena pasti akan berguna sehingga digunakan terus menerus. Anda bisa memberikan tas kerja, tas tenteng, atau sling bag.

  1. Makanan Tradisional

Seserahan tidak lengkap rasanya tanpa memasukan makanan tradisional. Setiap adat dan budaya memiliki makanan tradisional masing-masing, jadi anda harus menyesuaikan dengan adat dan budaya pasangan. Makanan tradisional ini biasanya berisi kue basah atau kering, manfaatnya agar kedua mempelai tetap langgeng sampai akhir hayat.

  1. Peralatan Elektronik

Sekarang peralatan elektronik dapat dijadikan sebagai seserahan lamaran. Karena saat ini peralatan elektronik merupakan kebutuhan penting dalam rumah tangga, sehingga sah-sah saja memberikannya sebagai seserahan. Peralatan elektronik dapat berupa handphone atau laptop untuk keperluan kerja pasangan. Bisa juga berupa peralatan seperti TV, mesin cuci, atau alat penyedot debu.

Bagaimana? Sekarang apakah anda sudah tahu akan memberikan seserahan lamaran apa saja dari ide di atas? Semoga daftar tersebut dapat membantu anda dalam menentukan pilihan.