6 Manfaat Penting Input ASI Bagi Tumbuh Kembang Bayi

0
22
Input ASI
Input ASI

Seorang ibu sangat dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi sampai berusia 6 bulan. Dengan begitu, tumbuh kembang si kecil bisa didukung dengan optimal. Baru setelah bayi berusia 6 bulan, sang ibu bisa memberikan makanan pendamping sambil tetap memberikan input ASI sampai si kecil berusia 2 tahun. Dengan memberikan ASI, bayi bisa mendapatkan asupan nutrisi cukup dan tumbuh menjadi anak yang lebih sehat.

Manfaat yang akan diperoleh anak dari ASI juga bisa didapatkan ketika si kecil memasuki usia dewasa. Itulah kenapa penting sekali memberikan ASI kepada bayi untuk mendukung pertumbuhannya menjadi lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat ASI yang sangat berguna untuk si kecil:

Input ASI
  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat ASI yang pertama bagi si kecil adalah membantu melancarkan pencernaan anak dengan maksimal. Sebagai makanan paling sempurna untuk si kecil, ASI mudah dicerna oleh bayi sebagaimana laktosa, lemak, dan protein.

Bukan hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaannya, ASI juga membantu mendukung fungsi sistem pencernaan bayi yang masih berkembang. Bayi yang terlahir prematur sangat disarankan untuk rajin memberikan ASI, karena bisa membantu mencegah diare dan konstipasi.

  1. Mencukupi Nutrisi Bayi

Bayi baru lahir harus mendapatkan nutrisi yang cukup, dan salah satunya melalui pemberian ASI yang optimal. ASI mengandung berbagai nutrisi lengkap mulai dari mineral, vitamin, protein, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika seorang ibu harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, karena bisa berpengaruh pada pertumbuhan bayi.

  1. Mencegah Infeksi dan Penyakit

ASI juga bisa membantu mencegah infeksi dan penyakit pada bayi, karena ASI mengandung zat antibodi yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh anak. Antibodi yang dimaksud adalah imunoglobulin (IgA) yang bisa melindungi anak dari infeksi. Zat tersebut juga mampu melindungi si kecil dari obesitas, alergi, asma, diare, dan diabetes.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Beberapa studi menunjukkan bahwa ASI memiliki hubungan dengan perkembangan kognitif anak yang optimal. Anak-anak yang diberi asupan ASI eksklusif mempunyai IQ yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkannya. Namun yang perlu diingat, pemberian ASI juga harus tetap diimbangi dengan berbagai usaha lainnya agar si kecil benar-benar cerdas.

  1. Memperkuat Tulang Bayi

Bayi yang diberikan ASI akan memiliki tulang belakang dan tulang leher yang lebih kuat jika dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan ASI. Itulah kenapa pemberian ASI sangat penting.

  1. Berat Badan Bayi Ideal

Bayi yang diberi ASI eksklusif memiliki peluang untuk tumbuh dengan bobot yang lebih normal dan ideal. Menurut ahli, ini ada hubungannya dengan hormon insulin dalam ASI. Intinya, ASI tidak memicu pembentukan lemak pada bayi jika dibandingkan dengan susu formula.

Itulah sederet manfaat penting dari ASI untuk bayi. Sebagai makanan terbaik untuk si kecil, ASI bisa memenuhi berbagai kebutuhan zat gizi dan energi untuk tumbuh kembangnya. Banyak ahli mengungkapkan bahwa bayi tidak memerlukan susu formula maupun makanan pendamping sebelum ia menginjak usia 6 bulan. 

Bahkan, ASI juga bisa membantu si kecil untuk mengurangi resiko alergi makanan, alergi pernapasan, serta eksim saat usianya kanak-kanak sampai remaja. Jadi, jangan pernah ragu untuk rajin memberikan ASI bagi bayi. 

Apa bila sudah menginjak usia 6 bulan, tambahkan Nutricia untuk menunjang asupan gizi dan tumbuh kembangnya sambil diberikan nutrisi yang tepat. Dengan input ASI dan asupan gizi yang optimal, anak bisa tumbuh dengan lebih sehat, cerdas, dan aktif.