Cara Pemulihan Kesehatan Bayi

0
181
kesehatan

Ketika bayi sakit, hal yang dirasakan orang tua pastinya panik dan khawatir. Namun sebaiknya anda jangan terlalu khawatir dan putus asa. Alangkah leih baik jika anda langsung melakukan beberapa hal yang bersifat memulihkan kesehatan bayi.  Penanganan pada bayi yang sakit memang perlu hati hati, dan jangan sampai membawa dan mengakibatkan bahaya untuk bayi itu sendiri.

Perlu adanya pendampingan dari tenaga medis dalam pengobatan penyakit bayi. Namun dalam pemulihannya anda bisa melakukannya sendiri di rumah, berikut ini beberapa cara pemulihan pada bayi yang bisa anda lakukan, di antaranya adalah :

  1. Pastikan bayi lebih banyak istirahat

Jika bayi anda sedang sakit pastinya bayi akan rewel, namun sebaiknya anda harus membuat bayi anda untuk lebih banyak istirahat. Sebab dengan istirahat yang lebih banyak maka bayi anda akan lebih cepat dalam pemulihan dari sakitnya. Dan jika bayi anda sudah bisa berjalan atau merangkak sebaiknya jangan sampai bayi terlalu banyak bergerak dulu, tetapi arahkan bayi untuk istirahat terlebih dahulu supaya tubuhnya tidak drop.

2. Berikan asi

Meskipun rewel dan harus banyak istirahat, namun anda harus tetap memastikan jika bayi anda mengonsumsi asi yang cukup sesuai kebiasannya. Sebab ada bayi yang menolak minum asi saat sedang sakit padahal asi bisa menjadi obat alami bagi bayi yang sedang terganggu kesehatannya.

3. berikan madu

atau jika bayi anda sudah lebih dari satu tahun anda bisa memberikan madu sebagai bantuan untuk memulihkan kesehatannya. Sebab khasiat madu sangat bagus untuk kesehatan dan juga untuk pemulihan. Namun pastikan untuk memilihkan madu yang benar benar alami. Madu akan lebih disukai bayi ketimbang obat sebab madu rasanya manis sedangkan obat yang pahit sangat tidak disukai oleh bayi. Anda bisa menambahkan madu ke dalam susu atau makanan pendamping asi bagi bayiu.

Itulah beberapa cara pemulihat kesehatan bayi  yang bisa anda lakukan di rumah sendiri disamping melakukan konsultasi dengan dokter dan memberikan anak obat kimia.