Cara Mengenali Diamond Jewellery Dan Palsu

0
20
diamond jewellery
diamond jewellery

Kalau berbicara soal cincin tunangan, yang pasti Anda pasti ingin yang berkualitas. Salah satu pilihan terbaik adalah diamond jewellery yang kerap menjadi lambang awetnya cinta kedua pasangan. Sayangnya, tak semua orang pandai memilih mana berlian yang bagus dan tidak. Di artikel ini, Anda akan mengenali ciri-ciri berlian berkualitas baik sebelum Anda membeli di diamond store terdekat. 

Apa Saja Ciri-ciri Berlian Yang Asli dan Berkualitas Baik 

Memiliki GIA Certification 

Cara yang terbaik untuk mengenali keaslian dan kualitas berlian adalah dengan menanyakan GIA Certification. Jika berlian ini sudah GIA-Certified Anda tidak perlu khawatir keaslian perhiasan ini. Disamping itu, ada beberapa berlian yang menuliskannya langsung di berlian tersebut. 

Perhatikan Asuan 4C

4C di sini merupakan kepanjangan dari Carat, Color, Clarity dan Cut. Masing-masing berlian memiliki spesifikasi berbeda mengenai empat macam hal ini. 

Carat 

Carat berarti ukuran berlian dan beratnya. Harga 1 carat berlian biasanya akan lebih tinggi dibanding .75 carat. Semakin tinggi carat-nya maka semakin mahal harganya. 

diamond jewellery

Color 

Color atau warna berlian ini bervariasi dan semakin langka warnanya maka semakin mahal. Tiga jenis warna berlian yang paling langka meliputi merah, kuning dan juga biru. Untuk warna merah sendiri hanya ada 20-30 an saja di seluruh dunia. Warna merah ini terbentuk karena proses yang langka sehingga merubah struktur kristal sehingga saat cahaya mengenai berlian tersebut warnanya jadi merah. 

Untuk warna biru, berlian ini memperoleh warnanya dari elemen boron yang mengganti struktur kristal. Tempat penambangannya pun hanya ada beberapa di dunia. 

Untuk warna kuning sendiri lebih murah dari dua sebelumnya meskipun kategorinya masih langka. Warna kuning berlian ini didapatkan dari nitrogen sehingga menyerap sinar biru ke dalam berlian dan merefleksikannya menjadi kuning.

Cut

Berbeda dengan pendapat kebanyakan orang. Potongan berlian tidak mencerminkan bentuk asli berlian tersebut. Sebuah berlian dipotong secara hati-hati untuk mendapatkan kilau yang baik. Bila dilakukan sembarangan, hal ini akan merusak keindahan kristal terbaik di bumi ini. 

Bagi pemula, Anda cukup memperhatikan ketajaman tampilannya karena biasanya ini dipotong dengan baik. Saat mengecek kondisi berlian, pastikan ada di bawah cahaya yang bagus karena perhiasan ini hanya bisa merefleksikan cahaya yang baik. 

Clarity 

Untuk kategori ini lebih sulit diputuskan hanya dengan mata biasa. Dari sinilah Anda bisa menemukan kesalahan dan ketidaksempurnaan perhiasan tersebut. Anda membutuhkan professional untuk mengetahuinya.

Batu Berlian Tidak Berkabut 

Salah satu tes yang bisa dipakai untuk mengecek keaslian berlian adalah dengan melakukan tes kabut. Anda bisa menghembuskan nafas ke berlian tersebut. Jika kabutnya cepat menghilang, dipastikan asli. Nah, apa bila tidak kunjung pudar kabutnya maka dipastikan palsu karena berlian memiliki sifat menghantarkan panas sehingga seharusnya nafas disebarkan langsung ke permukaan dengan cepat dan kabutnya pun hilang. 

Tidak Mengapung 

Satu lagi tes yang bisa dicoba adalah dengan menggabungkan berlian asli dan palsu ke dalam gelas yang berisi 3/4 air. Berlian asli memiliki massa jenis yang tinggi sehingga ia akan tenggelam ke dasar gelas. Nah, bila berlian tersebut mengapung, dipastikan hal ini tidak asli atau berlian asli dan palsu disatukan.

Beli Berlian Asli di Miss Mondial & Mondial

Miss Mondial & Mondial menawarkan berbagai jenis diamond jewellery yang cocok untuk berbagai kebutuhan seperti perhiasan, perkawinan, tunangan dan investasi. Seperti misalnya seri Vesta Diamond Engagement Ring. Jenis cincin ini cocok dipakai untuk tunangan dengan berat 2,439 gram, lengkap dengan sertifikat light performance serta kualitasnya dijamin oleh Sarine Technology Lab. Jadi kualitasnya terjamin! Anda pun tidak perlu khawatir dengan keaslian barang sebab perhiasan ini memiliki sertifikat lengkap.