Apa Itu Kredit Bangun Rumah?

0
10
Kredit Bangun Rumah

Produk perbankan memang semakin beragam karena menyesuaikan kebutuhan para nasabah. Salah satu produk perbankan yang sepertinya belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah Kredit Bangun Rumah (KBR). Produk kredit ini bisa membantu mewujudkan impian membangun rumah yang Anda dambakan. Sebelum mengajukan, ada baiknya Anda memahami hal-hal mengenai KBR berikut ini:

Mengenal KBR

Beberapa orang lebih senang membangun rumah sendiri dibandingkan membeli rumah yang sudah jadi. Namun biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sangat besar. KBR bisa menjadi solusi bagi Anda. Pinjaman ini adalah pinjaman jangka pendek untuk pembangunan rumah. Dengan produk ini, Anda bisa mendapatkan hunian sesuai dengan keinginan. 

Kredit Bangun Rumah
Kredit Bangun Rumah

Selain membangun rumah, KBR biasanya juga bisa digunakan untuk renovasi rumah atau bagunan lainnya. Perbedaan KBR dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) terletak pada tujuannya. KBR digunakan untuk pembangunan hunian, sementara KPR digunakan untuk pembelian hunian.

Syarat Pengajuan KBR

Setelah mengetahui apa itu Kredit Bangun Rumah (KBR) mungkin Anda tertarik untuk mengajukannya. Sama seperti kredit jenis lainnya, Anda harus memenuhi syarat yang diberikan oleh bank jika ingin mendapatkan pinjaman KBR. Sebenarnya syarat yang diberikan hampir sama seperti KPR dan kredit jenis lainnya. 

Anda membutuhkan agunan seperti sertifikat rumah, BPKB mobil, dan lain sebagainya. Namun ada juga bank yang tidak memberikan syarat jaminan tersebut. Sebagai gantinya Anda harus memenuhi minimal pendapatan bulanan yang dibuktikan dengan slip gaji dan rekening koran.

Proses Pengajuan KBR

Proses pengajuan KBR bisa secara online atau dengan datang langsung ke kantor bank terdekat apabila bank pilihan tidak menyediakan layanan online. Namun sebelum itu, pastikan Anda memenuhi semua syarat yang diminta. Ada baiknya Anda sudah menyusun RAB atau Rancangan Anggaran Biaya karena bank biasanya juga akan memintanya.

Itulah pembahasan mengenai Kredit Bangun Rumah (KBR). Apakah tertarik dengan produk ini? Jika iya, Anda bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau Kredit Multiguna dari Bank Danamon. Proses dan syarat pengajuan sangat mudah sehingga Anda bisa mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan. Anda juga tidak perlu antri untuk mengajukannya karena pengajuan bisa dilakukan di website Bank Danamon yaitu www.danamon.co.id