8 Tim yang Ada di Integrated Marketing Agency

 

Integrated Marketing Agency

Istilah digital marketing agency atau social media agency mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, pernahkah Anda mendengar istilah integrated marketing agency? Agensi pemasaran terintegrasi merupakan agensi yang menawarkan layanan super lengkap. Jadi, bukan hanya sekedar pemasaran digital ataupun pemasaran media sosial. 

Agensi pemasaran terintegrasi ini membantu sebuah bisnis menjalankan pemasaran multi-channel secara konsisten. Artinya, semua pesan yang ingin disampaikan pada audiens sama di semua channel. Untuk melakukan pemasaran yang konsisten di banyak platform, maka agensi membutuhkan tim yang lengkap. 

8 Tim di Integrated Marketing Agency

Setidaknya, ada 8 tim yang ada di agensi pemasaran terintegrasi, berikut di antaranya:

1. Tim Strategi

Salah satu tim penting yang ada di sebuah agensi pemasaran terintegrasi adalah tim strategi. Tim ini menjadi otak di balik semua digital campaign yang dijalankan oleh agensi. Tanggung jawab utamanya yaitu merencanakan strategi pemasaran dan mengarahkan tujuan secara keseluruhan. Kesuksesan pemasaran sangat bergantung pada tim strategi.

2. Tim Kreatif

Selain tim strategi, agensi juga berisi orang-orang kreatif yang ada di dalam tim kreatif. Biasanya, tim kreatif terdiri dari graphic designer, content writer, copywriting, dan lain sebagainya. Tugas utama dari tim kreatif yaitu menciptakan konten menarik dan memukau. Semua yang berhubungan dengan visual dan konten dikerjakan oleh tim kreatif 

3. Tim Periklanan

Salah satu tim yang ada di agensi terintegrasi tapi tidak ada di agensi digital adalah tim periklanan. Pasanya, tim periklanan ini tidak hanya merencanakan dan meluncurkan iklan online saja, namun juga iklan offline. Istilahnya, kampanye konvensional juga masih dilakukan oleh agensi terintegrasi. 

4. Tim Digital

Tim yang ada di integrated marketing agency selanjutnya yaitu tim digital. Isinya adalah orang-orang yang memiliki kemampuan tinggi dalam melakukan pemasaran secara digital. Contohnya yaitu search engine marketing atau SEM. SEM ini membangun brand dengan iklan berbayar. 

5. Tim Komunikasi atau PR (Public Relations)

Agensi pemasaran terintegrasi juga memiliki tim komunikasi atau public relations. Tugas utama seorang PR yaitu membangun dan menjaga citra bisnis yang baik di mata publik. Biasanya, tim komunikasi mengelola hal-hal yang berhubungan dengan klien, media, dan lain sebagainya. Selain itu, tim komunikasi juga mengelola isu atau krisis yang mungkin mempengaruhi bisnis Anda. 

6. Tim Media Sosial

Sesuai dengan namanya, tim media sosial tentu saja berhubungan dengan pemasaran di media sosial. Tim media sosial membantu meningkatkan bisnis melalui platform media sosial. Tugasnya menghasilkan konten, berinteraksi dengan audiens, hingga memonitor hasil kampanye di media sosial. 

7. Tim SEO

SEO atau Search Engine Optimization mirip dengan SEM yaitu meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian. Akan tetapi, SEO memberikan hasil organik, sementara SEM non organik. Untuk menjalankan SEO yang optimal, agensi akan melakukan riset kata kunci, pembuatan konten yang SEO friendly, optimasi dengan bantuan tools, dan lain sebagainya. 

8. Tim Development

Terakhir, agensi juga memiliki tim development atau pengembang. Tim development memiliki tugas utama untuk mengembangkan aplikasi. Biasanya adalah aplikasi berbasis website untuk menunjang pemasaran secara digital. 

Itulah informasi dan pembahasan mengenai integrated marketing agency beserta tim yang ada di dalamnya. Saat ini memang sulit mendapatkan agensi yang menawarkan semua layanan terintegrasi. Namun, IDEOWORKS.id adalah salah satu yang menawarkan.

Agensi satu ini termasuk agensi pemasaran terintegrasi yang memiliki banyak keunggulan. Mulai dari pengalaman, kompetensi, hingga tim yang lengkap. Sebelum bekerja sama, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Yuk, hubungi tim IDEOWORKS.id sekarang juga!

Bisnis