Penyebab Sakit Saat Menstruasi

0
138
Sakit saat menstruasi
Sakit saat menstruasi

Pernahkah Anda merasakan nyeri yang begitu menyiksa saat haid? Ternyata sakit saat menstruasi tersebut normal dialami oleh hampir seluruh wanita di muka bumi ini. Dan biasanya dirasakan pada awal-awal menstruasi tersebut datang. Saat nyeri haid datang dapat dipastikan Anda tidak dapat melakukan aktivitas.

Sakit saat menstruasi atau dismenore pada wanita dapat dikategorikan menjadi dua macam, yakni dismenore primer dan sekunder. Dismenore primer ini merupakan rasa nyeri yang umum dialami oleh wanita terutama di sekitar masa awal menstruasi. Sedangkan dismenore sekunder itu sendiri disebabkan oleh kondisi atau gangguan pada sistem reproduksi wanita. Dan nyeri akibat dismenore sekunder ini juga biasanya terjadi lebih awal daripada nyeri menstruasi biasa dan berlangsung lebih lama.

Berikut ini gangguan yang dapat menjadi penyebab dismenore sekunder, diantaranya adalah:

Hasil gambar untuk femometer

  1. Endometriosis: terjadi saat sel-sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim, seperti ovarium atau tuba falopi. Sel inilah yang menyebabkan rasa sakit tak tertahankan ketika meluruh.
  2. Radang panggul: infeksi yang mengakibatkan peradangan atau inflamasi pada rahim, ovarium, juga tuba falopi.
  3. Adenomiosis: merupakan jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding, otot rahim, yang menjadi penyebab nyeri saat haid.
  4. Fibroid: tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim namun dapat memberikan efek menstruasi Anda terasa menyakitkan.
  5. Intrauterine device (IUD): salah satu alat kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim, yang  terkadang menyebabkan nyeri haid, terutama di masa awal pemasangan.
  6. Stenosis leher rahim: pembukaan pada leher rahim pada sebagian wanita sangat kecil, sehingga menghambat aliran darah untuk keluar saat menstruasi. Dan kondisi ini pula yang tak jarang menyebabkan nyeri tak tertahankan saat haid.

Untuk mengatasi sakit saat menstruasi ada baiknya Anda rutin untuk konsultasi pada dokter. Atau Anda juga dapat menggunakan Femometer, salah satu alat kesehatan yang dapat membantu Anda mengetahui waktu kapan datangnya menstruasi dengan lebih baik dan lebih tepat. Femometer juga dibuat senyaman mungkin juga akurat digunakan, karena rasio emas dan desain yang ergonomis membuat Femometer mudah untuk digunakan.