7 Istilah dalam Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

0
104
pinjaman jaminan sertifikat rumah
pinjaman jaminan sertifikat rumah

Setiap orang yang mengalami kesulitan keuangan biasanya memilih mengajukan pinjama untuk mengatasinya. Saat ini memang sudah banyak sekali produk pinjaman yang dihadirkan bank dan perusahaan keuangan lain, mulai dari pinjaman tanpa jaminan hingga pinjaman dengan jaminan. Meskipun menggunakan jaminan, namun produk pinjaman jaminan sertifikat rumah sering dipilih banyak orang untuk membantu memenuhi kebutuhan dana tunai mereka. Hal tersebut karena produk pinjaman satu ini menghadirkan limit pinjaman yang sangat besar sehingga bisa digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Ketika mengajukan pinjaman, nantinya akan ada banyak istilah yang mungkin belum Anda dengar sebelumnya. Apalagi jika Anda baru pertama kali akan mengajukan pinjaman maka akan banyak istilah yang awam. Sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman Anda harus memahami istilah-istilah tersebut sehingga tidak kebingungan nantinya. Berikut ini adalah 7 istilah umum yang biasa ada pada saat kredit:

pinjaman jaminan sertifikat rumah
pinjaman jaminan sertifikat rumah

source: https://www.law-justice.co/img_post/1/2020/2020-05-17/9b4914888e6433d61596a1a6c92f0002_1.jpg

Debitur

Debitur merupakan kata yang akan sering Anda dengarkan ketika mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah. Debitur sendiri merupakan sebutan untuk pihak yang menerima pinjaman dan juga memiliki kewajiban penuh untuk mengembalikannya sesuai dengan kesepakatan. Jika Anda mengajukan pinjaman maka Anda yang disebut dengan debitur.

Kreditur

Kreditur merupakan istilah yang berkebalikan dengan debitur. Jika debitur merupakan pihak yang menerima dana pinjaman maka kreditur merupakan pihak yang meminjamkan dana dan mendapatkan cicilan pinjaman setiap bulan dari debitur. Kreditur ini bisa berupa perusahaan pembiayaan, bank, atau lembaga keuangan lain seperti koperasi.

Tenor Pinjaman

Tenor pinjaman mungkin sudah sering Anda dengar karena istilah ini terbilang cukup populer. Pengertian tenor yaitu jangka waktu kredit atau lama waktu angsuran kredit yang harus dilunasi. Misalnya Anda mengambil pinjaman dengan tenor 12 bulan maka Anda harus membayar cicilan setiap bulan selama masa waktu tersebut. Setiap debitur berhak menentukan berapa lama tenor yang ingin diambil.

Limit Pinjaman

Limit pinjaman adalah jumlah dana yang disetujui oleh kreditur dan kemudian dicairkan kepada debitur sebagai utang atau pinjaman. Pada jenis pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, limit pinjaman ditentukan dari harga rumah. Apabila nilai rumah tinggi maka Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jumlah besar, begitu pula sebaliknya. Anda bisa mengambil pinjaman sama dengan limit atau di bawah limit.

Bunga Flat

Istilah bunga flat ini seringkali diberikan oleh pihak kreditur kepada debitur saat memberikan penjelasan mengenai produk pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Adapun pengertian bunga flat yaitu bunga yang penghitungannya berdasarkan rata-rata total utang. Jadi setiap bulan debitur membayar cicilan dengan jumlah yang sama hingga tenor berakhir.

Agunan

Selain jaminan, istilah lain yang sering dikenal dalam dunia kredit dengan jaminan adalah agunan. Arti jaminan dan agunan sama yaitu aset atau barang yang dijaminkan untuk mendapatkan dana pinjaman. Selain sertifikat rumah, beberapa agunan lain yaitu BPKB mobil, BPKB motor, sertifikat tanah, dan lain-lain.

Jatuh Tempo

Istilah terakhir yang harus Anda pahami sebelum mengajukan pinjaman yaitu jatuh tempo. Pengertian jatuh tempo yaitu waktu masa angsuran pinjaman setiap bulan. Misal tanggal jatuh tempo pinjaman Anda adalah 12 setiap bulannya, maka cicilan harus dibayar sebelum tanggal tersebut.

Itulah 7 istilah yang harus Anda pahami sebelum mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah. Setelah memahami istilah-istilah di atas, selanjutnya Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat di BFI Finance. Perusahaan ini menyediakan produk pinjaman dengan berbagai kelebihan seperti syarat dan ketentuan yang mudah, tenor panjang, limit tinggi, dan masih banyak kelebihan lainnya. Pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah bisa Anda lakukan secara online melalui bfi.co.id. Di website tersebut juga ada informasi lengkap mengenai produk dari BFI Finance ini.