4 Karakteristik Diamond Engagement Ring yang Harus Diperhatikan

0
27
diamond engagement ring

Berlian merupakan salah satu perhiasan yang sangat berharga dan juga memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan perhiasan lainnya. Sehingga dalam membeli sebuah perhiasan berlian harus dengan berhati- hati. Dalam membeli cincin berlian hendaknya anda memperhatikan panduan dalamĀ  membeli cincin berlian yang dikenal dengan 4c, yaitu Color,, Clarity (tingkat kejernihan berlian), Cut (potongan Berlian), dan Carat (berat berlian). 4C ini karakteristik penting yang harus Anda perhatikan pada saat anda membeli diamond engagement ring untuk momen penting yang Anda alami.

Dalam memilih cincin berlian untuk acara pertunangan, anda harus memahami konsep 4 C yang merupakan karakteristik dari sebuah berlian. Berikut penjelasannya:

diamond engagement ring
diamond engagement ring
  1. Color ( warna)

Warna berlian mengacu pada kejernihannya. Berlian akan sangat bernilai jika warnanya semakin beining, dan GIA memberikan skala dari D hingga Z. berlian dengan warna terbaik adalah skala D dan berlian dengan skala Z memiliki warna kekuningan hingga kecoklatan. Namun untuk Mondial hanya untuk skala D-F. berlian berskala D merupakan berlian terbaik dan benar- benar tidak berwarna dan sangat langka, berlian dengan skala E-F masih tidak berwarna tetapi dengan sedikit jejak warna yang hanya dapat dideteksi oleh seorang ahli.

  1. Cut (potongan berlian)

Potongan berlian mengacu pada proporsi, kesimetrisan & polesannya, dan GIA menetapkan 5 nilai potongan, yaitu sangat baik, baik, sedang, dan buruk. Berlian dengan potongan yang lebih tinggi akan menciptakan kilauan yang indah. Meskipun faktor lainnya, seperti kejernihan atau warna memiliki kadar yang tinggi, jika potongan nya buruk, berlian tersebut mungkin tampak tidak bernyawa.

  1. Carat

Carat suatu berlian mengacu pada berat berlian dan bukan ukuran berlin. Satu karat berlian sama dengan 200 miligram. Berat carat berlian memiliki dua faktor yaitu diameter atas dan tingkat potongan. Jarak dari puncak berlian adalah diameternya dan perlu diukur dalam milimeter. Nilai potongan berlian juga mempengaruhi berat karat berlian. Ketika nilai potongan berlian sangat bagus atau lebih tinggi, cahayanya yang dipantulkan dari atas, membuat berlian dengan berat karat kecil terlihat lebih besar.

  1. Clarity (kejernihan)

Kejernihan berlian mengacu pada banyaknya ketidaksempurnaan, yang juga dikenal sebagai inklusi. Inklusi yang lebih besar akan mempengaruhi kecemerlangan suatu berlian, itulah mengapa semakin sedikit inklusi yang terlihat, semakin tinggi tingkat kejernihan berlian. Tingkat kejernihan tertinggi adalah tingkat FL dan yang paling rendah adalah 13.

Berlian dengan Grade FL dan iF tidak memiliki cacat bahkan di bawah kaca pembesar 10X. grade fL tidak memiliki noda yang terlihat dan grade IF memiliki sedikit noda. Keduanya memiliki tingkat kejernihan paling langka. Jenis berlian yang memiliki tingkat kejernihan berikutnya adalah VVS1 dan VVS2, keduanya memiliki sedikit inklusi tetapi masih sulit dikenali pada kaca pembesar dengan pembesaran 10 kali lipat.

Itulah penjelasan mengenai karakteristik berlian yang harus Anda pahami untuk membeli Engagement ring yang berkuaitas dan juga sagat indah. Sehingga keinginan Anda dapat terwujud untuk prosesi pertunangan yang lebih berkesan dengan tampilan yang elegan dan juga mewah. Karena pancaran kilauan berlian yang sangat memukau pandangan setiap orang yang hadir.

Mondial jewellery merupakan toko perhiasan berlian yang menyediakan berbagai model dan juga desain cincin pertunangan yang sangat indah dan juga berkualitas tinggi. Sehingga Anda dapat memilih cincin sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan Anda. Salah satu cincin yang sangat diminati dan digunakan sebagai cincin pertunangan adalah Solitaire ring. Karena memiliki desain yang sederhana dan dapat dipakai untuk sehari hari. Karena cincin pertunangan maupun pernikahan merupakan sebuah perhiasan yang dipakai seumur hidup.