Mengenal Jurusan Sistem informasi Lebih Dekat

0
349
jurusan sistem informasi

Anda berniat untuk memilih jurusan sistem informasi sebagai fakultas untuk melanjutkan jenjang pendidikan? Di sini, akan kami jelaskan hal-hal penting terkait jurusan tersebut bagi yang berencana untuk memilihnya. Jadi, simak artikel ini hingga selesai, ya, agar Anda mengetahui secara detail tentang jurusan tersebut.

Mata Kuliah Fakultas Sistem Informasi

jurusan sistem informasi
Jurusan sistem informasi

Pertama-tama, mari kita intip terlebih dahulu mata kuliah yang dipelajari pada fakultas yang satu ini. Sistem informasi sendiri memiliki cukup banyak sekali mata kuliah yang akan Anda pelajari. Adapun mata kuliahnya di antaranya seperti:

  • Pengantar teknologi informasi
  • Struktur data
  • Algoritma dan pemrograman
  • Matriks dan transformasi linier
  • Matematika diskrit
  • Struktur data
  • Sistem operasi
  • Rekayasa perangkat lunak
  • Jaringan komputer

Di atas adalah mata kuliah yang pasti Anda pelajari di universitas manapun yang menyediakan fakultas sistem informasi. Anda bisa mempelajari semuanya. Sebagai informasi, semua mata kuliah di atas saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan-perusahaan di tanah air.

Karier yang Bisa Dipilih Lulusan Sistem Informasi

Fakultas sistem informasi memiliki prospek karir yang tergolong cukup bagus. Ada banyak sekali peluang karir yang bisa Anda pilih. Nah, berikut akan kami jelaskan juga karier di bidang apa saja yang bisa Anda sesuaikan dengan passion dan kemampuan: 1

  1. Seorang Software Developer

Seorang software developer biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang IT. Bahkan, saat ini, kemampuan tersebut juga sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan di luar bidang tersebut. Anda juga berpeluang untuk bekerja di perusahaan pembuatan software.

  1. Information Security Analyst

Bidang ini bertugas untuk menjaga keamanan jaringan, dan juga informasi data milik suatu perusahaan. Selain itu, bidang ini juga terkait dalam sistem keamanan software pada suatu perusahaan. Bisa dikatakan bahwa bidang ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang menjalankan bisnisnya.

  1. Networks Administrator

Bidang ini berkaitan dengan pemasangan, perawatan, dan perbaikan jaringan lokal dan internet pada suatu perusahaan. Seorang network administrator bisa bekerja di perusahaan apapun. Artinya, Anda tidak harus selalu bekerja di perusahaan di bidang IT saja.

Bidang ini sangat dibutuhkan hampir di seluruh perusahaan yang sudah melibatkan komputer dan jaringan internet dalam menjalankan bisnisnya.

Cocok Untuk Lulusan IPS dan IPA

Sistem informasi adalah salah satu fakultas yang tidak memiliki spesifikasi khusus. Misalnya, Anda harus memilih jurusan IPA terlebih dahulu di SMA. Fakultas yang satu ini terbuka untuk lulusan IPA maupun IPS yang dipilih pada saat masih SMA.

Artinya, apapun jurusan yang diambil di SMA dulu, Anda tetap bisa masuk ke jurusan ini. Berbeda dengan teknik informatika yang biasanya hanya menerima lulusan IPA saja pada saat masih di SMA dulu.

Rekomendasi Fakultas Sistem Informasi di IDS

Bingung memilih lembaga pendidikan yang kredibel? Kini, Anda bisa memilih fakultas sistem informasi di IDS Digital College. IDS adalah lembaga pendidikan yang kredibel.  Sistem informasi di IDS, menyediakan mata kuliah yang lengkap di bidang terkait. Sangat cocok sekali Anda pilih untuk melanjutkan jenjang pendidikan.

Selain itu, lulusan IDS sudah banyak yang bekerja di bidangnya masing-masing. Pasalnya lulusan IDS banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Artinya, setelah lulus, Anda akan mudah mendapatkan pekerjaan dan karir.

Bagi yang berminat belajar di IDS, Anda bisa langsung mendaftarnya secara online di ids.ac.id. Atau, bisa langsung mengunjunginya ke alamat yang tertera pada website official tersebut.

Nah, itulah berbagai hal penting yang perlu Anda ketahui terkait informasi jurusan sistem informasi. Semoga informasi di atas bermanfaat dan mampu menambah wawasan Anda.