Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Pada Anak

0
137
cara menyembuhkan alergi

Alergi terhadap sesuatu sering diderita oleh anak-anak di masa pertumbuhannya. Bagian tubuh yang paling sering terkena efek alergi adalah kulit. Saat terkontaminasi alergi, kulit si Kecil bisa menjadi merah, terdapat benjolan, dan terasa gatal. Hal ini sangat buruk jika dibiarkan begitu saja karena bisa mengganggu aktivitas tumbuh kembang si Kecil. Ketahui cara menyembuhkan alergi agar si Kecil kembali sehat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diikuti:

  • Merawat Kulit Si Kecil dengan Tepat
cara menyembuhkan alergi
Cara menyembuhkan alergi

Perawatan yang tepat menjadi salah satu kunci utama agar kulit si Kecil yang sensitif bisa selalu sehat. Anda harus cermat dan teliti dalam memilih produk perawatan untuk kulit si Kecil. Baca detail informasi kandungan yang ada di dalamnya. Hindari pembersih dan produk perawatan yang mengandung bahan-bahan seperti pewarna, parfum, atau bahan kimia lainnya. Ketika Anda menggunakan produk yang tepat maka kelembaban kulit si Kecil akan selalu terjaga sehingga alergi kulit tidak semakin memburuk.

  • Jaga Kebersihan Tangan Si Kecil

Pada umumnya, alergi membuat si Kecil merasakan gatal yang tak tertahankan. Karena belum paham, anak-anak biasanya akan langsung menggaruk bagian tubuh yang gatal. Padahal hal tersebut bisa memperburuk kondisi kulit karena luka akibat garukan bisa menimbulkan infeksi. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan tangan anak. Ketika alergi kulit si Kecil kambuh, kedua tangan mereka harus dalam keadaan bersih dan higienis. Selain itu, pastikan juga kukunya tidak panjang agar tidak menyebabkan luka.

  • Jaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan adalah salah satu faktor paling umum yang menyebabkan alergi si Kecil bisa kambuh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Upaya yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan alergi yaitu dengan membersihkan ruangan setiap hari, membersihkan karpet, jangan menumpuk bulu hewan, dan tempatkan mainan pada tempatnya. 

  • Gunakan Air Hangat untuk Memandikan Si Kecil

Cara menyembuhkan alergipada anak selanjutnya yaitu memandikan si Kecil menggunakan air hangat. Pasalnya air hangat yang diterima bisa membuat kulit si Kecil lebih tenang dan nyaman. Namun pastikan bahwa suhunya tidak terlalu panas agar tidak merusak kulit. Selain itu, Anda juga tidak boleh lama-lama memandikan si Kecil, paling lama 3-5 menit saja. Jangan lupa untuk memastikan bahwa produk sabun mandi si Kecil tidak menyebabkan alergi. Ada beberapa produk di pasaran yang dilabeli dengan anti alergi.

  • Perhatikan Kelembaban Kulit

Setelah mandi, gunakan produk perawatan yang tepat untuk menjaga kelembaban kulit si Kecil. Pakai handuk bersih yang khusus digunakan oleh si Kecil, bukan orang lain juga. Jika kulit sudah kering, Anda bisa mengaplikasikan obat alergi yang direkomendasikan oleh dokter. Lakukan sesuai anjuran dokter agar kulit si Kecil segera membaik.

Itulah beberapa cara menyembuhkan alergi pada anak yang bisa Anda ikuti. Alergi pada umumnya memang tidak bisa disembuhkan secara langsung, namun bisa dicegah dengan cara menjauhkan si Kecil dari sumber alergen. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa penyebab alergi pada kulit si Kecil.

Bagi para profesional di bidang nutrisi anak atau pediatrik, Anda bisa belajar dengan bergabung bersama Nutricia Professional. Nutricia Professional sendiri merupakan platform bagi tenaga kesehatan yang ingin mendapatkan informasi dan ilmu baru seputar pediatri dan juga nutrisi anak. Mengenai platform ini, Anda bisa melihat langsung di website nutriciaprofessional.id.