Cara Menyembuhkan Alergi Dengan Bahan Alami

0
47
Cara menyembuhkan alergi

Alergi merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing atau yang dikenal dengan alergen. Pada umumnya alergen tidak berbahaya dan tidak menimbulkan reaksi pada orang yang tidak alergi. Ada beberapa gejala yang dialami seseorang akibat reaksi alergi di antaranya seperti gatal, bersin, muncul ruam, dan lain sebagainya. Cara menyembuhkan alergi biasanya dengan pergi ke dokter. Namun sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa menyembuhkan alergi. Adapun bahan-bahan alami yang bisa Anda coba yaitu:

Cara menyembuhkan alergi
Cara menyembuhkan alergi

Yogurt

Karena kandungan probiotiknya yang tinggi, yogurt bisa menjadi antihistamin yang ampuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menyebutkan bahwa probiotik memiliki manfaat untuk mengurangi gejala rinitis alergi. Oleh sebab itu, probiotik dengan banyak bakteri baik bisa membantu meredakan respon atau gejala akibat alergen.

Nanas dan Pepaya

Nanas dan pepaya diyakini bisa menyembuhkan alergi akibat tungau, debu, atau alergen lain yang membuat saluran pernapasan meradang. Hal tersebut lantaran kedua buah ini memiliki kandungan enzim bromelain yang memang memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Berdasarkan studi yang pernah dilakukan, enzim bromelain juga bisa mengurangi gejala asma karena mampu menghambat peradangan.

Cabai, Wasabi, dan Adas

Cara menyembuhkan alergi selanjutnya yaitu menggunakan cabai, wasabi, dan adas. Rempah-rempah yang dikenal memiliki rasa pedas ini adalah dekongestan atau obat yang bisa melegakan hidung tersumbat. Sensasi pedas yang ada malah menjadi perangsang sel-sel di pernapasan untuk membuang lendir yang membuat hidung tersumbat. Karena hal tersebut maka hidung akan menjadi lega dan nyaman kembali.

Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin C yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu bisa mengatasi gejala alergi misalnya bersin dan gatal. Memang pengaruh yang diberikan belum bisa drastis, namun asupan vitamin C yang didapatkan oleh si Kecil bisa mengurangi pelepasan histamin atau senyawa yang menyebabkan reaksi alergi. Pastikan si Kecil sudah mampu mengkonsumsi jambu biji saat Anda memberikannya.

Sayuran Berdaun Hijau

Beberapa sayuran berdaun hijau seperti kale, kangkung, dan kale memiliki kandungan magnesium yang sangat tinggi. Manfaat zat mineral ini yaitu untuk meredakan gejala akibat alergi dengan membuat otot di pernapasan menjadi lebih rileks. Karena tersebut, sayuran berdaun hijau ampuh membantu mencegah asma akibat alergi.

Bawang Bombay dan Tomat

Anda bisa menemukan obat alergi dengan mudah, termasuk di dapur rumah saja. Bawang bombay dan tomat adalah dua bahan dapur yang bisa membantu menyembuhkan alergi. Kandungan zat flavonoid di dalam bawang bombay dan tomat bisa menstabilkan sel tubuh yang bereaksi akibat alergen. Tambahkan bawang bombay dan tomat pada masakan agar bisa menyembuhkan gejala alergi seperti kulit gatal dan bersin.

Makanan dengan Kandungan Omega 3 Tinggi

Peradangan akibat alergi bisa membuat bagian tertentu menjadi bengkak dan kemerahan. Asam lemak omega 3 memiliki kandungan anti-inflamasi atau anti radang yang bisa meredakan gejala alergi. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu ikan tuna, salmon, minyak nabati, dan kacang-kacangan.

Itulah beberapa cara menyembuhkan alergi dengan beberapa bahan alami. Bahan-bahan tersebut terjangkau dan bisa didapatkan dengan mudah. Apabila si Kecil masih tetap mengalami reaksi alergi meskipun sudah diobati, langsung saja bawa mereka ke dokter untuk ditangani. Satu lagi informasi jika Anda adalah profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak. Ada platform yang bernama Nutricia Professional. Platform ini dibangun untuk para profesional yang ingin mendapatkan ilmu baru seputar pediatri dan nutrisi anak. Alamat yang bisa di kunjungi untuk bergabung sebagai member yaitu Nutricia Professional.