Tips Mudah Merawat Gelang Berlian

0
430
gelang berlian
gelang berlian

Sama seperti semua barang lainnya yang kita miliki, perhiasan juga butuh dirawat. Koleksi cincin emas, kalung dan gelang berlian yang kamu miliki perlu dirawat agar tetap berkilau dan selalu nampak baru. Nyatanya, merawat perhiasan berlian tidak sesulit yang kita bayangkan. Bahkan, kamu pun bisa membersihkan perhiasan berlian tanpa membutuhkan bantuan ahlinya.

Cara Pembersihan

Membersihkan gelang dengan aksen berlian tidaklah sulit. Kamu bisa saja meminta tolong ahlinya untuk membersihkan perhiasan berlian. Namun, tidak ada salahnya sesekali mencoba untuk membersihkannya sendiri.

Berikut ini cara mudah membersihkan gelang dengan aksen berlian.

1. Menggunakan air sabun

Untuk membersihkan gelang berlian, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring yang lembut. Kamu pun bisa menggunakan sabun jenis lainnya, seperti sabun mandi, sabun cuci tangan, bahkan sampo. Dengan catatan, sabun-sabun tersebut tidak mengandung moisturizer agar tidak meninggalkan minyak pada berlian.

gelang berlian
                                                    gelang berlian

Campurkan sabun dengan air bersih ke dalam mangkok. Kemudian masukkan gelang ke dalam mangkuk tersebut dan tunggu hingga 15 menit. Jika masih ada kotoran yang menempel, kamu bisa membersihkan bagian yang kotor dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu yang halus. Untuk bagian yang sulit di jangkau, kamu bisa menggunakan tusuk gigi.

Setelah memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal, bilas gelang dengan menggunakan air bersih. Kemudian taruh gelang di atas kertas tisu, kain bersih, atau handuk hingga kering dengan sendirinya.

2. Menggunakan pembersih celup cepat

Kamu perlu memiliki pembersih celup cepat (quick dip). Pembersih ini banyak dijual di pasaran dan pastikan kamu membeli quick dip khusus untuk perhiasan berlian. Sebelum memulai membersihkan, baca dengan seksama label yang ada pada kemasan. Baca petunjuk penggunaan pembersih tersebut dan hal-hal lainnya yang tertulis di sana.

Tuangkan quick dip ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan gelang berlian milikmu ke dalamnya. Jangan merendam melebihi batas yang dianjurkan dalam label kemasan. Angkat gelang dan taruh di kain bersih agar kering dengan sendirinya.

Cara Perawatan

Merawat gelang dengan aksen berlian juga sama mudahnya dengan membersihkannya. Selama kamu mengikuti tips perawatan gelang berikut ini, perhiasan kamu akan tetap berkilau dan awet tahan lama.

3. Simpan di tempat terpisah

Tidak hanya perhiasan berlian, kamu sebaiknya menyimpan semua jenis perhiasan yang kamu miliki di tempat terpisah. Kamu bisa memisahkannya menurut warnanya, jenisnya, intensitas penggunaannya, dan materialnya. Pemisahan ini dilakukan untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.

Kamu bisa memisahkan perhiasan dalam kotak-kotak yang berbeda. Jika terlalu banyak, kamu bisa membungkus setiap perhiasan dalam plastik atau kain kemudian dijadikan satu dalam sebuah kotak. Untuk perhiasan dengan harga yang lebih mahal dan mewah, kamu sebaiknya meletakkannya khusus dalam sebuah kotak agar tidak tercampur dengan perhiasan lainnya.

4. Simpan di suhu kamar

Simpan gelang berlian di suhu kamar. Jangan simpan perhiasan berlian di dalam suhu yang tinggi karena bisa merusaknya.

5. Pastikan tangan bersih ketika menyentuh berlian

Sebelum menyentuh perhiasan berlian yang kamu miliki, pastikan tangan kamu bersih agar tidak meninggalkan noda dan bekas minyak di permukaannya. Bekas minyak yang tertinggal akan meredupkan kilau berlian. Begitu juga ketika gelang selesai dibersihkan. Pastikan gelang sudah benar-benar kering sebelum kamu menyentuhnya agar tidak ada bekas minyak yang tertinggal.

Mudah sekali, kan? Selama kamu merawatnya dengan baik, gelang berlian dan perhiasan lainnya yang kamu miliki tidak akan mudah rusak.