Si Kecil Dapat Belajar Menjadi Anak Mandiri Lewat Makanan

0
284
anak mandiri
anak mandiri

Mendidik anak menjadi pribadi yang mandiri bukan berarti tidak sayang kepada anak. Justru merupakan tanda perhatian dan kasih sayang kepada anak. Karena keuntungan dari mendidik anak menjadi pribadi yang mandiri akan dirasakan oleh anak sampai ia tumbuh dewasa. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mewujudkannya. Berikut beberapa tips mendidik anak menjadi mandiri melalui makanan.

Tips Mendidik Anak Mandiri lewat makanan

Makan Sendiri

Mengajarkan anak untuk makan sendiri memang merupakan hal yang sangat sepele. Tetapi dari hal yang sepele ini akan membawanya menjadi pribadi yang lebih baik. Dari yang awalnya hanya membuka mulut pada saat makanan datang kini si kecil dapat memulai belajar makan sendiri. Pada awalnya memang sangatlah berantakan dan menambah pekerjaan ya Moms, tapi dari sinilah si kecil akan belajar mengenali makanannya.

Belajar Menjadi

 

Makan Bersama

Makan bersama dalam keluarga juga perlu dilakukan dalam mendidik anak mandiri. Ketika makan bersama, si kecil diberikan tempat duduk sendiri dengan makanannya. Dari situlah si kecil akan meniru perilaku makan orang dewasa lainnya sehingga ia dapat rapi dan tidak berantakan. Moms juga dapat memberikan pujian kecil saat ia dapat menyelesaikan makan dengan baik.

Memasak Bersama

Ketika memasak, sebisa mungkin libatkan si kecil dalam pengolahannya. Tetapi tetap harus waspada jangan sampai si kecil berdekatan apalagi memegang hal-hal yang berbahaya. Berikan tanggung jawab sesuai usianya, misalkan pada umur 3 tahun berikan tanggung jawab untuk mengocok telur, pada umur 4 tahun berikan tanggung jawab memetik bayam, dan sebagainya.

Berbelanja Makanan Bersama

Mengajak si kecil berbelanja merupakan ide baik dalam mendidiknya. Melalui ide makanan yang akan dimakan tersebut secara tidak sadar si kecil belajar menggunakan kosakata baru. Walaupun pada dasarnya yang akan mengendalikan belanja tetap berada pada tangan Moms ya.

Dalam tumbuh kembangnya saat mendidik anak menjadi pribadi mandiri dibutuhkan keuletan dan kesabaran yang extra. Tidak hanya Moms yang merasakan rasa lelah saat mendidiknya, si kecil juga merasakan lelah saat mempelajari hal-hal baru. Moms dapat membantunya dengan memberikan nutrisi yang tepat agar si kecil tidak mudah lelah dengan S-26 Nutrisure. Kandungan gizi yang lengkap juga akan membantu si kecil menjadi lebih mudah mempelajari hal baru.