Rumus Hitungan Usia Kandungan

0
42
kalender kesuburan
kalender kesuburan

Usia kehamilan merupakan panjang waktu kehamilan yang Anda hitung berdasarkan hari pertama periode haid terakhir (HPHT). Usia kandungan acap dinyatakan dalam hitungan minggu dan hari karena lebih rinci daripada bulan. Selama hamil, janin akan melalui fase pertumbuhan dan perkembangan  para organ-organ. Setiap fase membutuhkan perlakuan berbeda-beda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan kalender kesuburan secara akurat supaya bisa menjaga kesehatan kehamilan. Mengetahui usia kehamilan, Anda bisa tahu asupan makanan apa yang dibutuhkan selama trimester pertama. Kemudian, Anda tahu kapan saat terbaik untuk skrining kehamilan dan cek jenis kelamin melalui periksa USG.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Anda akan mengetahui berbagai keluhan dan risiko komplikasi yang bisa saja dihadapi pada tahap kehamilan. Dengan begitu Anda bisa melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari berbagai risiko. Melakukan hitungan dari kalender kesuburan, metode ini mengacu pada hari awal haid untuk menentukan usia kehamilan dan perkiraan kelahiran bayi.

HPHT menjadi tolak ukur sebagai hari awal kehamilan. Nantinya ketika Anda memeriksakan diri, dokter akan berasumsi kalau pembuahan (konsepsi) terjadi pada hari ke-14 bertepatan dengan siklus menstruasi. Dengan mengetahui hari pertama Anda bisa menghitung usia janin. Namun, tidak semua ibu hamil dapat mengingat jadwal atau hari pertama menstruasi.

Tidak hanya itu, waktu ovulasi pada perempuan berbeda-beda. Belum lagi, beberapa perempuan mempunyai siklus menstruasi yang tidak menentu waktunya. Misalkan siklus haid Anda selalu teratur, katakanlah per 28 hari, maka bisa menghitung HPL menggunakan rumus Neagle. Teknis penggunaan rumus cukup sederhana, (tanggal HPHT + 7), (bulan haid terakhir – 3), tahun haid terakhir + 1).

Misalkan, Anda terakhir menstruasi pada tanggal 18 November 2018, hitungannya menjadi (18 + 7), (11 – 3), (2018 + 1) = 25, 8, 2019. Hasil yang didapat adalah 25 Agustus 2019. Dari hitungan ini Anda bisa menghitung usia kehamilan per tanggal 25. Sebagai contoh, pada tanggal 25 Desember 2018 usia kehamilan menginjak 1 bulan.

Dengan mengetahui hitungan ini maka Anda bisa mengatur kalender kesuburan dan mengontrol kondisi tubuh dengan Femometer. Sekian sampai jumpa di lain waktu.