Perbedaan Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informatika

0
40
jurusan teknik informatika

Dewasa ini, ada dua jurusan yang sangat populer sekali di Indonesia. Salah satunya yaitu jurusan teknik informatika. Namun, ada banyak orang yang tidak bisa membedakan antara teknik informatika dengan sistem informatika. Padahal, dua jurusan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Meski  begitu, dua jurusan ini juga memiliki persamaan. Agar Anda bisa membedakan kedua jurusan ini, berikut akan kami jelaskan apa saja perbedaan-perbedaannya. Tujuannya agar Anda bisa membedakan keduanya. Berikut perbedaan dan persamaannya.

Persamaan Teknik Informatika dan Sistem Informatika

jurusan teknik informatika
Jurusan teknik informatika

Sebelum kami bahas perbedaannya, kami akan bahas persamaannya terlebih dahulu. Karena, kedua fakultas ini juga memiliki persamaan yang terbilang cukup mencolok. Pasalnya, dua akultas ini sama-sama bergelut di bidang ilmu teknologi informasi.

Kedua jurusan ini juga sama-sama mempelajari seputar dunia pemrograman. Itulah kenapa dua fakultas ini sering sekali sulit dibedakan. Ada beberapa persamaan dari kedua fakultas ini. Berikut beberapa persamaannya:

  • Mempelajari bidang pemrograman website.
  • Mempelajari struktur data.
  • Belajar bagaimana cara membuat pemrograman data.
  • Belajar algoritma.
  • Mempelajari jaringan komputer.
  • Basis data.

Semua mata pelajaran tersebut dipelajari oleh dua fakultas Teknik Informatika dan juga Sistem Informatika. Itulah yang menjadi alasan kenapa kedua fakultas ini sering disamakan dan tidak sedikit yang sulit membedakannya.

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informatika

Meskipun punya banyak persamaan, namun kedua fakultas tersebut juga memiliki perbedaan yang mencolok. Adapun beberapa perbedaannya yaitu sebagai berikut:

  • Fakultas sistem informasi cenderung lebih kepada perancangan software aplikasi. Umumnya jenis aplikasi tersebut yaitu berkaitan dengan bisnis. Sebagai contoh yaitu jenis aplikasi ojek online. Layanan ojek online biasanya membutuhkan sebuah aplikasi yang tepat.
  • Teknik informatika adalah fakultas yang cenderung pada praktik. Seorang lulusan teknik informatika biasanya melakukan coding. Selain itu, lulusan teknik informatika juga bisa membuat software.
  • Fakultas sistem informasi biasanya lebih sering mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pengarsipan. Contohnya seperti pengarsipan data dan proses pertukaran informasi pada suatu aplikasi.
  • Fakultas sistem informasi biasanya mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan algoritma, logika, dan juga statistika. Artinya, dalam fakultas ini juga mempelajari rekayasa perangkat lunak namun tidak terlalu detail.
  • Fakultas teknik informatika lebih sering mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan coding atau pemrograman. Bahasa pemrograman yang dipelajari juga cukup banyak mulai dari Java, C/C++, hingga python.

Kelebihan Memilih Jurusan Teknik Informatika

Ada banyak kelebihan memilih jurusan teknik informatika. Salah satunya yaitu prospek pekerjaan. Pasalnya, bidang jurusan teknik informatika banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan saat ini. Dengan begitu, Anda tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti.

Jurusan teknik informatika juga cocok dengan bidang pekerjaan saat ini. Khususnya di bidang-bidang seputar pembuatan software dan aplikasi mobile. Keduanya sangat dibutuhkan sekali oleh perusahaan-perusahaan terkemuka.

Jurusan Teknik Informatika Terbaik di IDS

IDS (International Design School) merupakan institusi pendidikan kredibel. Anda bisa memilih IDS sebagai tempat yang cocok untuk melanjutkan pendidikan di bidang teknik informatika. Anda akan belajar dari tenaga pengajar profesional dan berpengalaman.

Anda akan mempelajari banyak mata pelajaran di sini. Dengan begitu, setelah lulus nanti Anda bisa langsung terjun di dunia profesional. Selain itu, Anda juga akan belajar bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang handal setelah lulus nanti.

Demikian informasi seputar perbedaan jurusan teknik informatika dengan sistem informatika. Dengan begitu Anda bisa membedakan keduanya secara mudah. IDS Digital College merupakan tempat yang paling tepat bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang terkait.