Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab

0
164
cara mendidik anak

Anak merupakan karunia dan anugerah Tuhan yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Bagi setiap orang tua, anak merupakan sumber kebahagiaan yang menjadi pelengkap suka cita kehidupan sebuah keluarga. Kehadiran seorang anak di dunia membawa beberapa hal yang menjadi kewajiban orang tua. Setiap orang tua memiliki peran dan tugas terhadap anak mereka. Salah satu peran yang paling berat ialah mendidik anak menjadi sebaik-baiknya pribadi. Salah satu ciri pribadi yang baik ialah pribadi yang bertanggung jawab. Orang tua sebisa mungkin menemukan cara mendidik anak yang baik guna membentuk anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Berikut ini ada beberapa cara yang bis anda lakukan untuk membentuk si kecil menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Pertama, mulailah mengajarkan untuk bertanggung jawab dari usia dini. Anak usia dini umumnya merupakan pribadi yang ingin serba tahu. Sehingga menanamkan kebiasaan bertanggung jawab pada usia dini merupakan hal yang sangat baik.

cara mendidik anak

Kedua, memberi pelajaran kepada anak-anak tentang rasa tanggung jawab sebaiknya dimulai dengan hal-hal yang kecil dan sederhana, seperti setelah bermain, letakkan kembali mainan ke tempatnya, dan lain-lain.

Ketiga, Biasakan pada diri anak untuk meminta maaf mana kala dia tidak bisa mengerjakan sesuatu yang harus dikerjakannya atau mungkin bila anak membuat kesalahan terhadap dirinya dan ornag org disekitarnya. Keempat, yang paling penting dalam cara mendidik anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab ialah anda bisa mencotohkan sikap tanggung jawab tersebut secara kontinu dan konsisten.

Melakuka beberapa hal cara mendidik anak menjadi pribadi yang tanggung jawab juga bisa dimulai dengan disiplin dalam segala hal. Terutama disiplin dalam segala hal yang menyangkut dirinya sendiri. Sikap disiplin itu contohnya bisa dimulai dari mengatur waktu kapan harus tidur atau kapan harus makan, atau apa yang harus dimakan dan tidak dimakan, tentu saja yang harus dimakan ialah makanan dan minuman bernutrisi lengkap seperti susu dancow. Sikap disiplin terhadap waktu dan sekitar akan memacu diri anak menjadi pribadi yang lebih peka dan bertanggung jawab akan setiap hal yang dilakukannya.