Kelebihan Proteksi Asuransi Kesehatan Syariah Bank Danamon

0
28
Asuransi Kesehatan Syariah
Asuransi Kesehatan Syariah

Saatini, asuransi kesehatan sudah semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, kini juga sudah tersedia beberapa pilihan cover atau perlindungan kesehatan. Bahkan jenis asuransinya pun sudah beragam, sebut saja salah satunya asuransi kesehatan syariah yang berbasis syariat Islam.

Sebenarnya, asuransi kesehatan berbasis syariah sama saja dengan asuransi biasa dalam proses tipe perlindungannya. Namun yang membedakan hanya sistem saja. Berikut akan kami jelaskan apa itu asuransi tersebut dan juga kelebihannya.

Mengenal Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah

Asuransi berbasis syariah seperti asuransi kesehatan, merupakan jenis usaha untuk melindungi dan saling tolong menolong antar sejumlah orang. Hal tersebut dilakukan melalui sebuah investasi dalam bentuk aset atau yang dikenal dengan tabarru.

Prinsip asuransi ini memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad atau perikatan.

Asuransi Kesehatan Syariah

Kelebihan Asuransi Kesehatan Berbasis Syariah

Asuransi ini memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh asurans lain pada umumnya, atau jenis investasi konvensional. Berikut kami jelaskan apa saja kelebihan-kelebihannya yang memberi manfaat bagi para nasabahnya.

1.  Anti Riba

Asuransi kesehatan berbasis syariah tidak ada riba. Pasalnya, dana investasi yang digunakan diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional.

2.  Diawasi Oleh Dewan Syariah Nasional

Fungsi Dewan Syariah Nasional tidak hanya sebatas menjaga riba dalam transaksi saja. Lembaga tersebut juga berfungsi untuk menjaga kehalalan secara menyeluruh dan juga sesuai dengan iklim ekonomi yang ada di Indonesia.

3.  Keuntungan Tetap

Umumnya produk asuransi ini memberikan keuntungan bagi para peserta yang tidak mampu membayar premi bulanan. Akan tetapi, peserta tersebut tetap bisa mendapatkan manfaat sama seperti peserta lain yang mengikutinya.

4.  Tidak Ada Dana yang Hangus

Semua biaya premi bulanan yang sudah dibayarkan oleh peserta, bisa kembalikan setelah pertanggunan selesai. Artinya tidak ada biaya premi yang hangus karena semua biaya yang dibayarkan selama masa pertanggungan akan dikembalikan.

Itulah penjelasan dan beberapa kelebihan asuransi kesehatan syariah. Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? Kini Anda bisa menjadi peserta asuransi kesehatan berbasis syariah di Bank Danamon. Proses pengajuan dan klaim asuransinya pun tergolong mudah sekali diproses kapan saja. Semoga bermanfaat.