Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Kamera Mirrorless Panasonic

0
117
kamera mirrorless Panasonic
kamera mirrorless Panasonic

Saat ini, Anda pastinya memahami bahwa keberadaan kamera mirrorless Panasonic ataupun merk lainnya sedang di atas angin meskipun masih banyak juga fotografer yang tetap setia menggunakan kamera DSLR terutama yang bekerja di studio dengan model. Anda pun mungkin turut mengikuti trend tersebut dan berencana untuk membeli kamera mirrorless. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, Anda sebaiknya mengetahui beberapa hal tantang kamera mirrorless sehingga Anda akan memiliki pertimbangan apakah kamera ini memang sesuai dengan apa yang Anda inginkan atau justru kamera Anda sebelumnya yang memang sesuai dengan harapan Anda.

Hal-hal tentang Kamera Mirrorless

Pertama tentang ukuran. Banyak orang menganggap bahwa ukuran kamera mirrorless Panasonic lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan kamera DSLR sehingga fleksibel dan nyaman digunakan untuk kegiatan traveling. Sebagian besar ukuran kamera mirrorless memang kecil dan ringan. Namun, ada berbagai kamera mirrorless merk lain yang tidak demikian apalagi untuk kamera dengan lensa yang memiliki ukran sensor besar. Kamera mirrorless adalah sebuah sistem sehingga keberadaan lensa pastinya sebaiknya tidak dilupakan. Dengan semakin besar ukuran sensor kamera paka ukuran lensa juga akan semakin besar. Jadi, Anda sebaiknya tak hanya terpaku pada body kamera yang lebih kecil dan ringan namun disesuaikan pula dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, kualitas foto kamera mirrorless Panasonic kurang lebih sama dengan kamera DSLR selama ukuran sensor yang digunakan juga sama. Ini merupakan salah stau hal yang cukup menarik dari kamera mirrorless. Anda bisa menggunakan kamera yang lebih ramping dan kecil dibandingkan DSLR namun memiliki kualitas hasil foto yang kurang lebih sama. Hal lain yang berkaitan dengan kamera mirrorless adalah adanya pilihan lensa yang masih terbilang sedikit. Namun demikian, ketika Anda menggunakan kamera mirrorless Panasonic, Anda mungkin menemukan lebih banyak variasi lensa kamera dibandingkan untuk produk kamera sejenis dari merk lainnya. Bahkan, soal harga kamera mirrorless Panasonic, Anda sebaiknya tidak mengambil gambaran secara menyuluruh. Anda mungkin menemukan banyak kamera mirrorless dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan DSLR namun di pasaran Anda juga akan dihadapkan dengan bebagai kamera yang jauh lebih mahal dengan DSLR. Ini kembali pada kemampuan finansial Anda seperti apa.

Dan, hal lain yang juga hendaknya menjadi pertimbangan adalah baterai kemara mirrorless lebih boros dibandingkan dengan DSLR karena kamera jenis ini membutuhkan daya yang lebih besar untuk live view pada sensor LCD. Di sisi lain, kamera DSLR menggunakan optical viewfinder yang mungkin tidak memerlukan daya. Namun demikian, hal ini dirasa masih normal karena ketika kamera DSL dengan mode live view, hal ini juga akan membuat baterai kamera menjadi lebih boros sebagaimana pada kamera mirrorless. Dengan mengetahui berbagai hal tentang kamera mirorless, Anda mungkin akan semakin memiliki gambaran tentang apa yang Anda butuhkan. Bila Anda ingin memiliki kamera mirrorless Panasonic ataupun dari merk lainnya, Anda sebaiknya memeriksa semua fitur dan spesifikasi yang dimiliki kamera tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.