Hal yang Pemula Wajib Tahu Sebelum Investasi Reksa Dana

0
43

Kalau Anda sampai pada artikel ini berarti Anda adalah pemula yang ingin tahu mengenai investasi reksa dana. Untuk itu, apa saja hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Investasi keuangan terdiri dari reksadana, deposito, saham, dan obligasi. Jika Anda tertarik untuk investasi di sektor ini, pilihlah yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Bagi pemula, klikMAMI lebih menyarankan Anda untuk memulainya dengan Investasi reksa dana.

Alasannya karena investasi reksa dana sangat mudah dilakukan oleh investor pemula. Lantas bagaimana cara paling pas untuk investasi reksa dana bagi pemula? Berikut klikMAMI sebagai salah satu penyedia jasa Investasi Reksa Dana Indonesia yang pada tahun 2017 berhasil meraih penghargaan Top Investment House in Asian Local Currency Bonds dari The Asset Benchmark Research, akan membagikan infonya untuk Anda, antara lain:

investasi reksa dana
investasi reksa dana
  1. Kenali Investasi Reksa Dana

Bagi pemula hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai investasi adalah mengenali apa itu reksa dana. 

Investasi reksa dana adalah wadah bagi masyarakat untuk berinvestasi keuangan dengan mudah dan terpercaya. Investasi Reksa Dana ini sudah terdata secara resmi oleh pemerintah, jadi Anda tak perlu khawatir.

  1. Tujuan Anda Berinvestasi

Sebelum melakukan investasi reksa dana tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu, apa tujuan Anda memilih investasi reksa dana? Berapa banyak investasi reksa dana yang akan Anda tanam? Apakah investasi reksa dana ini untuk jangka pendek atau jangka panjang?

Dengan adanya tujuan ini, proses investasi reksa dana Anda akan jadi lebih terarah dan lebih terencana, sesuai dengan kebutuhan Anda. Fokuslah pada tujuan Anda agar investasi reksa dana ini dapat berjalan dengan baik.

  1. Cara Kerja 

Dalam investasi reksa dana, investasi akan dipecah dan tidak akan ditanam hanya pada satu perusahaan saja. Anda bisa menanamkan investasi ke lebih dari satu perusahaan.

Jika nilai satu perusahaan turun, maka dana yang Anda investasikan akan tetap aman karena Anda mempunya investasi juga di perusahaan lain. Investasi reksa dana sangat mudah diakses, karena jangkauan wilayah yang luas. Anda bisa mencari informasi mengenai investasi, bagaimana alur yang baik agar bisa berkembang, bahkan mencari tahu potensi keuntungan investasi Anda. Dengan memaksimalkan informasi ini, sebagai pemula Anda akan lebih mengerti apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan investasi Anda.

Setelah membaca ketiga hal diatas, apa Anda semakin tertarik untuk melakukan investasi reksa dana? Kalau iya, maka mulailah dari sekarang agar pertumbuhan investasi Anda bisa semakin cepat terlihat perkembangannya.