Fenomena Kerudung di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim. Jumlah muslim di Indonesia sangatlah banyak bila dibandingkan dengan jumlah muslim di negara-negara asia lainnya. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika para muslim di Indonesia banyak mempengaruhi kebudayaan muslim di dunia ini. Misalnya saja mempengaruhi cara berbusana atau model berbusana.

Yang lebih memperhatikan busana tentunya adalah para wanita muslim yang lebih dikenal dengan nama muslimah. Oleh karenanya, busana muslimah asal Indonesia banyak diminati oleh para muslimah di beberapa negara di mancanegara. Begitupun para desainer busana muslim asal Indonesia banyak dikenal dan dijadikan sebagai top model paling bagus. Salah satu barang yang sangat identik dengan pakaian muslimah adalah sebuah hijab atau sering disebut dengan sebutan kerudung.

kerudung di Indonesia sudah sangat familiar dan dianggap sebagai budaya Indonesia karena saking banyaknya wanita Indonesia yang menggunakan kain penutup kepala tersebut. Kain penutp kepala inipun dipakai baik oleh anak-anak, remaja, dan dewasa. Oleh karena itu, sangat banyak ragam modelnya. Dari mulai model yang sangat sederhana hingga model kerudung yang bayak divariasikan dengan berbagai asessorisnya. Dari mulai model yang praktis dan siap pakai hingga model yang perlu latihan pemakaiannya. Harganya pun sangatlah beraneka ragam harganya. Dari mulai harga di bawah sepuluh ribu, puluhan ribu, hingga ratusan ribu rupiah.

Pemakaian kerudung bagi para muslimah yang mengenakannya menimbulkan kreativitas dan inovasi yang lumayan besar. Baik inovasi untuk memproduksi kain penutup kepala yang banyak diminati pelanggannya, inovasi dan kreativitas pemakaiannya, hingga inovasi dan kreativitas untuk manjadi lahan bisnis. Banyak home industry yang sudah bertahan puluhan tahun dari bisnis kain penutup kepala ini di Indonesia. kualitas dari barang yang dihasilkan mereka pun sudah tidak diragukan lagi. Barang-barang mereka sudah dikenal di pasar-pasar lokal. Bahkan, barang-barang mereka pun sudah tembus ke pasar luar negeri bahkan pasar global. Pemasaran yang pesat tersebut didukung oleh para desainer muslimah dan top model asli Indonesia yang sudah mengenakan hijab dengan baik dan menarik perhatian.

This entry was posted in Fashion.

Leave a Reply