Faktor yang Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil

0
63
Harga Asuransi Mobil
Harga Asuransi Mobil

Asuransi kendaraan mungkin merupakan produk jasa asuransi yang paling diminati. Semua pemilik kendaraan merasa membutuhkannya, untuk melindungi diri dan kendaraan itu sendiri. Sebelum Anda memutuskan memilih jasa asuransi mobil, sebaiknya mengetahui harga asuransi mobil. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga asuransi mobil penting diperhatikan. Jangan sampai Anda menggunakan produk lebih mahal tetapi perlindungan lebih kecil atau sama.

Faktor yang mempengaruhi harga asuransi mobil, antara lain:

1. Harga Mobil dan Mereknya

Semakin tinggi harga mobil, berarti harga premi asuransi semakin tinggi. Artinya pula merek mobil mempengaruhi harga pula. Mengapa demikian? Semakin mahal harganya, mobil mempunyai resiko service yang semakin tinggi pula ketika terjadi kerusakan. Suku cadang yang harus diganti belum tentu ada di setiap bengkel.

Harga Asuransi Mobil

2. Tahun Produksi Mobil

Tahun produksi mobil mempengaruhi premi sekaligus harga asuransi. Ini dikarenakan semakin baru produksi mobil teknologinya semakin canggih dan kemungkinan kerusakan kecil. Biasanya mobil yang diproduksi lebih dari 5 tahun tidak dapat mengambil asuransi all risk yang mengganti semua kerusakan.

3. Jenis Asuransi

Jenis asuransi pada dasarnya hanya ada dua, Total Loss Only (TLO) yang hanya mengganti kerusakan di atas 60 persen dan asuransi all risk yang mengcover hampir semua jenis kerusakan. Jelas, premi asuransi akan dipengaruhi jenis asuransi yang Anda pilih. Namun, Anda juga harus memperhatikan jenis perlindungan pada masing-masing asuransi. Setiap model asuransi akan mempunyai ketentuan dan syarat pada produk yang dikeluarkannya.

4. Plat Nomor Mobil

Tidak banyak yang tahu bahwa plat nomor akan membuat premi asuransi yang harus Anda bayarkan. Mobil dengan plat nomor wilayah Sumatera akan membayar premi lebih besar dibandingkan Pulau Jawa, Kalimantan, dan bagian Timur Indonesia. Mobil di jalan-jalan Sumatera dianggap beresiko kecelakaan lebih tinggi sesuai data dari Kepolisian Lalu Lintas RI.

5. Besaran Persentase Premi

Setiap perusahaan asuransi menetapkan persentase premi yang berbeda-beda. Otoritas Jasa Keuangan yang mengatur lembaga keuangan di Indonesia hanya mengatur kisaran saja. Perusahaan bebas menentukan persentase bawah, tengah, atau atas yang diambil. Bila Anda menggunakan jasa asuransi dari Autocillin, semua hal di atas akan dijelaskan sebelum melakukan transaksi. Persentase premi yang dibayarkan juga terjangkau sesuai dengan pelayanan dan perlindungan yang diberikan.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu melihat produk harga asuransi mobil lain. Hubungi marketing Autocillin untuk perlindungan kendaraan dan pengendara terpercaya.