Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama

0
364
Kondisi Janin
Kondisi Janin

Mendapati bunda hamil tentunya sangatlah membahagiakan apalagi bagi pasangan yang baru pertama dikaruniai anak tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Oleh karena bunda mengalami hamil anak pertama tentu ada banyak hal yang harus bunda ketahui terutama dalam menyikapi perubahan perubahan yang terjadi.

Salah satu yang paling penting yaitu menjaga kesehatan dengan baik sebab kondisi janin akan lebih sehat jika bundanya pun sehat maka dari itu lakukan yang terbaik demi  mendapat buah hati yang sesuai dengan harapan. Kunci utama yang dalam menjaga kesehatan di trimester pertama ini yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Kondisi Janin
Kondisi Janin

Kehamilan di trimester pertama merupakan masa pembentukan dimana perubahannya tidak begitu terlihat karena masih sangat kecil dan juga masih sangat muda sehingga meski kehamilan anda belum terlihat dengan jelas dengan ditandainya perut membesar tetap saja anda harus menjaganya dengan baik malahan pada masa ini menjadi pembentukan awal dari semuanya mulai bentuk fisik anak, pembentukan otak dan lain sebagainya.

Oleh karena itu ada beberapa cara terkait menjaga kehamilan di trimester pertama yaitu sebagai berikut.

1. Check up ke dokter

Meski belum terlihat jelas namun tidak ada salahnya jika anda rutin check up demi mengetahui perkembangan janin, lakukan setiap hal yang memang disarankan oleh dokter salah satunya yaitu mengkonsumsi vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

2. Perhatikan jenis dan jarak

Yang dimaksud yaitu memperhatikan jenis makanan dan juga jarak atau waktu memakannya. Konsumsilah beragam jenis makanan demi mendapati gizi yang seimbang serta isilah porsi makanan bunda lebih sedikit namun sering dan itu akan lebih baik daripada makan lebih banyak namun jarang. Beberapa makanan yang disarankan seperti ikan, sayuran hijau, wortol,  telur dan dan juga brokoli.

3. Kontrol emosi

Tidak heran jika ibu hamil memiliki emosi naik turun dan hal tersebut terjadi karena pengaruh hormon namun untuk meski hal tersebut sangat wajar penting bagi anda untuk bisa mengatasinya mintalah pengertian pada keluarga.

Itulah ulasan mengenai cara menjaga kehamilan di trimester pertama, buatlah kondisi kehamilan anda lebih menyenangkan agar kondisi janin lebih sehat.