Cara Membuat Pot Bunga Minimalis Dari Beton

0
99
pot bunga minimalis dari beton
pot bunga minimalis dari beton

Pot bunga buatan sendiri dapat mempercantik tanaman hias Anda. Karena bentuk dan ukurannya dapat dikreasikan sendiri sehingga terdapat keunikan dan juga keindahan tersendiri. Anda dapat membuat pot bunga minimalis dari beton yang sangat bagus dan dapat mengubah teras Anda lebih artsy dan sedap dipandang. Anda dapat mengisi pot dari beton dengan berbagai jenis tanaman hijau indoor maupun outdoor.

Adapun Cara membuat pot bunga minimalis dari beton adalah sebagai berikut:

pot bunga minimalis dari beton
pot bunga minimalis dari beton
  1. Siapkan dua buah cetakan 

Langkah pertama, siapkan 2 buah cetakan yang akan Anda gunakan. Cetakan yang pertama Anda bisa gunakan untuk bagian luar dan cetakan kedua digunakan untuk cetakan bagian dalam. Bentuk cetakan tersebut harus sama persis, namun dengan ukuran yang berbeda. Pastika selisih ukuran cetakan tidak kurang dari 5 cm. selisih ukuran cetakan akan mempengaruhi ketebalan pot bunga.

  1. Lapisi cetakan yang sudah disiapkan

Setelah Anda menyiapkan cetakan, langkah selanjutnya adalah melumuri cetakan dengan minyak mineral seperti bensin, solar, atau minyak tanah. Untuk mempermudah Anda dalam mengeluarkan cetakan gunakanlah cetakan dari kaca, karena permukaan kaca tidak menyerap minyak dan tidak akan mudah rusak sehingga dapat digunakan lagi.

  1. Campurkan beton dan tuangkan pada cetakan

Siapkanlah campuran beton di dalam ember yang sudah tidak terpakai. Kemudian tuangkan ke dalam wadah lain untuk mendapatkan adonan beton sesuai dengan keinginan. Pastikan Anda memakai sarung tangan ketika mencampur adonan beton. 

Sebagai sarana drainase atau jalan keluar air letakkan beberapa batu di bagian dasar cetakan. Tuangkan adonan beton kedalam cetakan mulai dari bagian dasar, lalu ratakan adonan dengan menggunakan sekop kecil dan pastikan bagian dasar pot lebih tebal dari bagian dinding pot. Kemudian masukan sisa adonan beton dalam ruang antara dua cetakan. Teka adonan dengan sekop untuk memastikan semua ruang terisi dengan adonan beton dan memenuhi semua area cetakan. 

  1. Diamkan selama 2 hari

Setelah proses pencetakan selesai diamkan selama 2 hari dengan membungkus cetakan beton. Cara memastikan apakan pot sudah kering atau belum adalah dengan menggores permukaan pot dengan obeng. Jika goresan membekas maka pot belum kering.

  1. Lepaskan cetakan

Setelah mongering lepaskan cetakan pot perlahan, kemudian bersihkan pot dengan cara disikat menggunakan sikat bulu tebal dan diamkan pot selama kurang lebih 1 minggu. Untuk membuat warna lebih cerah usap permukaan pot setiap hari dengan menggunakan lap basah.

Setelah langkah tersebut selesai Anda dapat menanam berbagai macam jenis tanaman di dalam pot bunga minimalis dari beton. Untuk menghasilkan pot yang bagus hendaknya Nada menggunakan Semen Tiga Roda yang tentunya memiliki kualitas terbaik.