5 Tips Untuk Menjaga Organ Intim Kesehatan Wanita

0
81
kesehatan wanita
kesehatan wanita

Salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh seorang wanita adalah organ vital atau vaginanya. Karena itulah, menjaga kesehatan wanita di daerah bagian intim nya ini adalah hal yang mutlak dan harus dijaga.

Ada banyak hal yang sangat mempengaruhi kesehatan wanita yang berhubungan dengan area vital ini, yaitu kesuburan, kehidupan seks dan juga kemampuan dalam orgasme. Jika ada masalah pada area ini, baik disebabkan oleh bakteri dan juga virus, bukan hanya dapat mendatangkan penyakit, tetapi juga mampu mempengaruhi kepercayaan diri, kehidupan sosial, stres dan depresi.

kesehatan wanita
                                                              kesehatan wanita

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga organ kewanitaan ini, yaitu:

     1. Gunakan sabun khusus

Banyak wanita yang sembarangan membersihkan organ kewanitaan nya, termasuk hanya menggunakan sabun biasa saja. Padahal, sabun biasa yang digunakan untuk mandi, tidak memiliki kadar PH vagina yang tepat. Gunakan lah sabun khusus untuk membersihkan vagina Anda atau hanya bersihkan dengan air biasa yang bersih saja.

     2. Jangan menggunakan parfum

Untuk menghilangkan bau pada vagina, jangan sekali-kali menyemprotkan parfum pada vagina Anda. Kadar alkohol yang dimiliki parfum dapat merusak PH yang ada sehingga rentan terhadap iritasi.

     3. Menjaga kebersihan saat menstruasi

Jangan malas untuk mengganti pembalut Anda saat terjadi menstruasi. Setidaknya, ganti pembalut sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Ini untuk menghindari kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan iritasi.

     4. Menggunakan celana dalam katun

Agar mudah menyerap keringat yang kerap timbul di daerah organ wanita, pilihlah celana dalam yang mudah menyerap keringat. Katun memiliki penyerapan yang tinggi, sehingga Anda dapat terhindar dari kuman dan bakteri yang bisa timbul di area yang lembab.

     5. Jangan menggunakan pakaian ketat

Jangan selalu mengikuti mode walaupun itu membuat Anda tampak lebih seksi dan cantik dengan selalu mengenakan pakaian yang sangat ketat. Sebaliknya, gunakan lah pakaian longgar agar tidak terjadi kelembaban yang dapat mengundang bakteri dan jamur. Pakaian ketat juga dapat menyebabkan infeksi dan juga ruam.

Organ intim adalah kesehatan wanita yang sangat penting untuk dijaga. Jika pun setelah Anda melakukan perawatan dengan benar dan masih ada masalah yang terjadi, sebaiknya segera konsultasi kan ke dokter atau ginekolog Anda. Semoga bermanfaat.