5 Manfaat Teknologi Komunikasi Yang Harus Anda Ketahui

0
89
teknologi komunikasi
teknologi komunikasi

Semakin pesatnya perkembangan zaman tidak ayal memaksa teknologi komunikasi ikut semakin maju. Bahkan perkembangannya sekarang ini sudah sangat pesat lagi, tidak heran kalau orang-orang yang lahir pada jaman orde baru sampai orde reformasi akan merasa janggal akan kehadirannya.

Dan dengan adanya teknologi komunikasi ini tidak hanya membantu Anda untuk terus berkomunikasi dengan orang-orang sekitar. Namun juga turut menjaga komunikasi yang terkoneksi dengan gadget Anda. Bahkan dengan kehadirannya tidak dapat dipungkiri pula banyak manfaat yang Anda dapatkan.

teknologi komunikasi
                                                             teknologi komunikasi

Berikut ini adalah beberapa manfaat perkembangan teknologi dalam komunikasi yang harus Anda ketahui, diantaranya:

1. Membuat proses komunikasi pendidikan menjadi semakin menarik

Hadirnya teknologi komunikasi dan informasi baru saat ini tidak hanya dimanfaatkan pada bidang ekonomi melainkan juga di bidang pendidikan. Media pembelajaran yang disediakan dalam wadah komputer dan terkoneksi dengan internet membuat kegiatan belajar semakin menarik perhatian anak-anak. Selain itu juga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik karena tidak lagi terjadi dalam kelas namun dapat dilakukan secara daring.

2. Informasi yang mudah untuk diakses

Tidak hanya kemudahan dalam berkomunikasi dengan kehadiran internet juga memberikan kemudahan Anda dalam mengakses informasi. Anda dapat dengan mudah mengakses dan memperoleh jenis-jenis informasi maupun jenis-jenis berita dengan mudah kapanpun dan dimanapun saja. Dengan informasi yang mudah diakses tersebut memberikan dampak pada semakin meningkatnya pengetahuan yang Anda miliki.

3. Proses jual beli yang dapat diakses secara online

Untuk Anda yang shopaholic atau senang belanja, dengan adanya internet pastinya akan merasa sangat terbantukan. Karena Anda tidak perlu repot-repot lagi menenteng barang belanjaan dan sebagainya. Dengan seiringnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, perdagangan kini sudah dapat dilakukan secara elektronik atau e-commerce. Dan e-commerce ini yang memegang peran penting dalam ekonomi karena didalamnya terkandung proses perdagangan yang memungkinkan konsumen untuk mencari dan membeli produk secara online.

4. Terciptanya komunitas virtual

Siapa sih yang tidak senang bila bertemu dengan teman semasa sekolah dulu? Kini dengan adanya kemajuan teknologi, Anda tidak perlu lagi mencari-cari teman Anda di kota asal mereka tinggal. Atau Anda dapat juga membuat komunitas virtual dengan beranggotakan yang memiliki minat dan hobi yang sama sehingga dapat saling bertukar dan berbagi informasi.

5. Terciptanya inovasi teknologi terbaru

Dengan majunya perkembangan teknologi pastinya memberikan dampak pada semakin banyaknya jumlah perangkat baru yang diproduksi. Inovasi-inovasi teknologi terbaru pun tak urung tercipta dengan adanya informasi yang didapatkan dari kemajuan teknologi komunikasi tersebut. Maka jangan heran bila nanti akan banyak tercipta perangkat-perangkat baru yang akan terus tercipta untuk membantu umat manusia.