3 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Para Wanita

0
40
kesehatan wanita
kesehatan wanita

Masalah kesehatan menjadi salah satu isu penting yang terus dibicarakan sampai sekarang. Pria dan wanita umumnya tidak memiliki keluhan pada kesehatan yang selalu sama. Faktor yang membedakannya yaitu dari bentuk dan anatomi tubuh antara pria dan wanita yang berbeda. Masalah kesehatan wanita identik dengan beberapa penyakit yang sangat membahayakan jiwanya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak sama-sama ulasan di bawah ini mengenai masalah-masalah kesehatan wanita yang umum terjadi:

  1. Kanker payudara

Penyakit mematikan ini adalah salah satu penyebab utama kematian wanita di dunia. Penyakit ini merupakan jenis kanker yang hanya diderita oleh wanita, selain kanker serviks dan kanker ovarium. 

Ada sekitar 1,67 kasus kanker dan 883 ribu kasus terjadi di negara-negara berkembang dan 794 ribu lainnya dialami para wanita di negara- negara maju.

Kanker ini berawal ketika adanya benjolan di sekitar payudara. Penyakit berbahaya ini menyerang lapisan saluran susu hingga akhirnya menyebar dengan cepat ke seluruh bagian lainnya.

  1. Kanker serviks

Masalah kesehatan yang umum dialami wanita ini, hampir mendominasi isu kesehatan yang menyebabkan kematian wanita di dunia. Penyebaran kanker ini sangat begitu cepat, sehingga tumbuh benjolan tumor ganas di bagian leher rahim.

Itulah sebabnya, wanita harus benar-benar menjaga organ intimnya agar tidak terkena virus kanker serviks. Adapun terjadi hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan vagina, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengecek apakah ada virus kanker atau tidak. 

  1. Stres

Masalah stress umum dialami oleh wanita. Jika stres yang dialami wanita tidak bisa dikendalikan, kemungkinan akan menimbulkan depresi. Bahkan, berdasarkan beberapa penelitian, faktanya wanita paling berisiko dua kali lebih besar dibanding pria dalam hal mengalami depresi.

Alasannya, kondisi biologis tubuh wanita yang lebih rentan terkena depresi. Mungkin juga karena faktor perubahan hormon di dalam tubuh saat menjelang menstruasi, kondisi melahirkan, ataupun sebelum dan sesudah usai menopause. Kondisi kondisi tersebut sangat rentan meningkatkan stres dan akhirnya timbul depresi pada wanita itu sendiri.

Itulah beberapa masalah kesehatan wanita yang umum dialaminya. Untuk menghindari masalah masalah penyakit yang membahayakan tersebut, wanita sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatannya.